Panduan Makan Mie Instan Tanpa Takut Gula Darah Naik

Panduan Makan Mie Instan Tanpa Takut Gula Darah Naik – Kini mie instan menjadi salah satu makanan olahan yang cukup banyak dikonsumsi. Bahkan di Indonesia sendiri, mie instan merajai produk makanan kemasan. Maka tak heran bila ada banyak orang yang sangat menyukai beragam jenis mie instan.

Lantas bagaimana dengan penderita gula darah? Bolehkah mengkonsumsi mie instan?

Panduan Makan Mie Instan Tanpa Takut Gula Darah Naik

Mie instan adalah jenis makanan sumber karbohidrat yang dapat dipilih sebagai variasi jenis makanan pokok. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi mie instan bagi penderita gula darah boleh-boleh saja dilakukan asalkan porsi yang dikonsumsi sesuai kebutuhan.

Begini panduan makan mie instan untuk penderita gula darah

Kali ini Anda tidak perlu ragu lagi untuk bisa makan mie instan meski sedang mengidap gula darah tinggi. Tapi ingat, ada beberapa aturan penting yang harus dilakukan supaya Anda bisa makan mie instan dengan lebih sehat. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pilih mie instan kaya serat tinggi

Mie instan yang dijual dipasaran terbuat dari bahan yang beragam, tetapi kebanyakan terbuat dari bahan tepung putih halus yang nyatanya mengandung karbohidrat sederhana yang mampu membuat gula darah Anda naik.

Maka pilihlah jenis mie yang lebih sehat agar membantu memperlambat kerja sistem pencernaan.

  • Perbanyak sayuran

Terkait sehat dan tidaknya mie yang Anda makan tergantung dari cara memasaknya. Karena pasalnya mie instan yang di goreng dengan minyak bisa memasukkan lebih banyak kalori dan lemak. Akibatnya bisa memicu kolesterol tinggi sekaligus meningkatkan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, jangan lupa tambahkan sayuran dan makanan padat nutrisi lainnya untuk mengendalikan gula darah.

  • Batasi porsinya

Mie instan mengandung nilai indeks glikemik yang sedang. Indeks glikemik adalah suatu nilai yang menunjukkan cepat atau tidaknya tubuh mengubah karbohidrat menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik makanan, maka semakin cepat kenaikan kadar gula darah dalam tubuh.

Oleh sebab itu, batasi porsi makan mie instan setidaknya dua kali lebih dalam sebulan.

  • Seimbangkan dengan olahraga

Walau sudah terbiasa dengan pola makan sehat, jangan lupa seimbangkan dengan rutin melakukan olahraga. Karena pasalnya orang yang menderita gula darah berisiko tinggi mengalami obesitas dan mudah jatuh.

Maka olahraga rutin bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan keseimbangan. Rutin berolahraga sebanyak dua hingga tiga kali seminggu bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Postedby: followersviva.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Silahkan Chat Disini