Dampak Buruk Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil

Dampak Buruk Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil – Diabetes adalah penyakit yang merenggut banyak jiwa tanpa diketahui gejalanya. Berdasarkan data, kini perempuan menjadi pelopor terdepan pencegah diabetes bagi keluarga. Selain ibu menjadi penentu pola makan keluarga, wanita hamil yang mengidap diabetes berpotensi menurunkan penyakit tersebut pada anaknya.

Dampak Buruk Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil

Nah, bagi bunda-bunda yang sedang hamil tetap menjaga pola makan ya apalagi saat obesitas. Hal ini karena obesitas ketika hamil dapat memicu diabetes gestasional. Diabetes gestasional sendiri akan berkembang selama tahap kehamilan di trimester kedua.

Diabetes gestasional terjadi saat tubuh ibu hamil tidak bisa memproduksi insulin secukupnya untuk memenuhi kebutuhan ekstrak pada masa kehamilan. Nah, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan bagi bunda dan juga bayi selama hingga setelah kelahiran.

Seperti jenis diabetes lainnya, diabetes gestasional mempengaruhi sel-sel anda menggunakan gula darah. Sehingga menyebabkan gula darah tinggi yang bisa mempengaruhi kehamilan dan kesehatan bayi. Termasuk kemungkinan harus melahirkan secara caisar dan bayi mungkin berisiko tinggi terhadap:

  • Kelahiran prematur

Gula darah bunda yang tinggi bisa meningkatkan risiko persalinan dini. Dan bayi prematur mungkin mengidap sindrom gangguan pernapasan.

  • Gula darah rendah (hipoglikemia)

Terkadang bayi yang lahir dari bunda dengan diabetes gestasional akan mengembangkan gula darah rendah. Dimana hipoglikemia berat ini bisa memicu kejang pada bayi.

  • Diabetes tipe 2

Bayi dari bunda yang mempunyai diabetes gestasional berisiko tinggi mengembangkan obesitas serta diabetes tipe 2 di kemudian hari.

  • Berat lahir yang berlebihan

Selain itu, adapun dampak diabetes gestasional pada ibu hamil meliputi:

  1. Tekanan darah tinggi dan juga preeklamsia
  2. Diabetes di masa depan

Dari bunda-bunda yang mempunyai riwayat diabetes gestasional mencapai berat badan ideal bisa mengalami diabetes tipe 2.

Jangan sepelekan dampak diabetes gestasional hanya terjadi saat kehamilan dan setelahnya. Wanita yang mengidap diabetes gestasional berisiko tinggi pada penyakit lainnya. Seperti gagal ginjal dan jantung. Untuk itu, terapkan gaya hidup sehat, olahraga teratur, maka seimbang dan istirahat cukup.

Postedby: followersviva.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Silahkan Chat Disini